Thread: Indonesia
View Single Post
Old 05-25-2013, 05:24 AM   #5657
BobPS
Gnarly Adventurer
 
BobPS's Avatar
 
Joined: Sep 2012
Location: Jakarta, Indonesia
Oddometer: 189
Keliling Banten 3

Labuhan - Pelabuhan Ratu

Sewaktu merencanakan jalan-jalan ini, dalam bayangan saya jalan yang akan saya lalui adalah jalan yang bagus walapupun mungkin ada sedikit yang rusak. Ternyata saya salah total. Cilegon – Labuhan jalan bagus dan enak dilalui. Dari Labuhan, permukaan jalan mulai banyak yang rusak dan berlubang. Kondisi jalan yang tidak bagus ini berlangsung terus sampai Malingping dan Pelabuhan Ratu.

Saya tiba di di daerah Labuhan, sudah agak sore, mungkin sekitar jam 15.30. Di satu pertigaan, saya berhenti dan bertanya ke seseorang, kalau akan ke Pelabuhan Ratu lewat mana. Dia tunjukan arah dan dia bilang bahwa Pelabuhan Ratu masih jauh sekali, mungkin sekitar 8 jam perjalanan karena jalan dalam kondisi rusak. Saya ucapkan terima kasih dan saya lanjutkan perjalanan. Ternyata benar sekali apa yang bapak itu sampaikan.

Kondisi jalan sama sekali tidak bagus alias rusak berat. Sepanjang jalan, kondisi jalan rusak parah. Jalan berlubang di mana-mana. Saya sempat berhenti di satu warung untuk minum dan istirahat sejenak. Lumayan, minum 2 botol teh dan ngobrol dengan ibu pemilik warung dan anaknya. Saya tanya ke mereka berapa lama kira-kira untuk sampai Pelabuhan Ratu. Mereka bilang lebih dari 4 jam, jalan dalam kondisi rusak parah dan ada satu jembatan yang rusak. Setelah ngobrol-ngobrol dengan mereka, perjalanan saya lanjutkan.

Saya sampai daerah yang bernama Kerta sudah sangat sore, sekitar pukul 6 sore. Di sana saya berhenti sebentar di satu SPBU untuk mengisi bensin. Setelah isi bensin, saya tidak langsung melanjutkan perjalanan, tetapi saya isitirahat sekitar 10 menit di sana untuk meluruskan kaki dan minum.




Sambil istirahat say a menelepon satu resort di daerah Pelabuhan Ratu untuk pesan kamar. Staf resort bertanya kepada saya jam berapa saya akan tiba. Dengan yakin saya bilang saya akan sampai di sana sekitar jam 9 malam. Ternyata saya salah.

Dari Kerta, perjalanan saya lanjutkan. Kali ini, karena kondisi sudah gelap dan kondisi jalan yang ancur lebur, saya teruskan perjalanan dengan ekstra hati-hati. Lepas dari Kerta, sampailah saya di daerah Malingping. Di sini saya salah belok. Seharusnya saya belok kanan ke arah Bayah dan kemudian akan sampai di daerah pantai dan menelusuri jalan di tepi pantai ke arah Pelabuhan Ratu. Saya salah belok, alih-alih belok kanan, saya belok ke kiri.

Salah belok ini membuat perjalanan saya menjadi ekstra panjang dan harus melewati daerah Cibeber, Cikotok dan seterusnya, yang kondisi jalannya amat sangat rusak. Di daerah perbukitan ini, saya hanya bisa merayap di kecepatan antara 10 km-25 km per jam. Jalan hancur, naik turun bukit, berkelok-kelok, gelap gulita, cahaya hanya dari lampu motor saya. Benar-benar pengalaman yang luar biasa.

Satu-satunya kekhawatiran saya adalah tanah longsor, karena beberapa kali saya temui longsoran tanah menutupi jalan. Saya pikir, kalau apes dan kena longsor di sini, tidak akan ada orang yang tahu sampai besok pagi.
Setelah perjalanan yang terasa lama sekali, sampailah saya di jalan raya yang menuju Pelabuhan Ratu. Ternyata resort yang saya tuju letaknya di sebelah Barat Pelabuhan Ratu di jalan raya Cisolok. Saya tanya ke penduduk sekitar di mana letak resort tersebut. Mereka bilang sekitar 10 km ke arah Barat. Saya ikuti petunjuk mereka dan setelah tiga kali bertanya, sampailah saya di resort tersebut.

Saya check-in dan parkir motor saya ke depan kamar, saat itu sudah lewat jam 11 malam. Restoran sudah tutup, bahkan air minum pun tidak ada di dalam kamar. Untungnya di jalan saya sempat membeli sebotol air, beberapa batang Sncikers, sebatang Silver Queen dan sebungkus roti sobek Sari Roti. Saya minta tolong staf resport untuk membelikan Coca-cola.
Setelah 2 botol coca cola tiba, saya mandi, mencuci kaos dan mulai makan malam dengan menu roti sobek, snicker dan coca cola. Selesai makan malam, saya telpon isteri dan anak. Ngobrol sekitar 10 menit setelah itu saya tidur. Cukup sulit untuk tidur dan sepanjang malam mimpi saya adalah jalan rusak dan jalan berlobang.
BobPS is offline   Reply With Quote