Thread: Indonesia
View Single Post
Old 09-28-2013, 08:29 PM   #5733
BobPS
Gnarly Adventurer
 
BobPS's Avatar
 
Joined: Sep 2012
Location: Jakarta, Indonesia
Oddometer: 233
Quote:
Originally Posted by Normanden View Post
Wuiiihh.. mas bejonya mantap! sekarang dimana mas bejonya mas?
Bejo udah dijual om, sekitar setahun yang lalu. Sebenernya sayang, tapi gak kepake. Jadi setelah 10 tahun setia nganterin saya ke kantor, dia saya jual.

Nama Bejo itu ada asal muasalnya om. Lagi pengen cerita nih:

Beberapa tahun yg lalu, tahun 2004 atau 2005 saya gak inget, saya dengan seorang teman (dia pakai Suzuki Bandit) berangkat jalan-jalan ke Jogja. Rencananya tek-tok, sampai Jogja langsung balik ke Jakarta.
Perjalanan berjalan lancar dari Jakarta sampai Tasikmalaya. Di Tasik mendadak kopling motor saya mulai terasa gak enak. Seperti ada yang gak pas. Saya setel clutch adjustment-nya. Setelah disetel jadi enak.

Perjalanan saya lanjutkan. Sampai di Ciamis, saya ingat setelah isi bensin di SPBU terakhir di Ciamis, motor mulai ngadat lagi. Setel clutch adjustment, beres. Lepas dari Ciamis sampai di daerah Majenang motor ngadat lagi. Pertama karburator ngadat, spuyernya tersumbat kotoran. Bongkar dan bersihkan karburator, motor jalan lagi, Tapi gak sampai 1 km, ngadat lagi. Kali ini koplingnya lagi. Kami harus berhenti utk perbaiki, dan saat itu hujan sangat deras. Sampai jam 10 malam baru beres. Perjalanan dilanjutkan dan kami berhasil sampai di Jogja, jam 3 pagi. Kopling mulai ngadat lagi. Saya ingat sekali, sampai di Kantor Pos sewaktu belok kanan ke Alun-Alun Utara, kopling ngadat lagi.

Di Jogja, kami nginep di satu guest house milik teman dan pagi2 sekali kami cari mekanik utk perbaiki. Kebetulan ketemu dengan mas Andi, kalo gak salah waktu itu dia pengurus MACI Jogja. Kami ke rumahnya dan di sana motor dia perbaiki. Tenyata bukan pekerjaan sederhana, karena transmisi motor harus dibongkar.

Singkat cerita ball bearings (klaher) di transmisi hancur, jadi harus diganti. Mas Andi kemudian berangkat cari ball bearings tsb. Pikiran saya waktu itu, paling apes motor gak bisa diperbaiki dan harus diangkut pake mobil ke Jakarta. Cukup lama menunggu, mas Andi kembali dari perjalanan cari ball bearings.

Begitu parkir motor dia langsung ngomong: "Waaah, bejo tenan ... ono sing duwe ning toko mobil eropa." Terjemahannya: "Waah, beruntung sekali...ada yang punya (jual) di toko mobil eropa"

Akhirnya motor diperbaiki dan kami kembali ke Jakarta sore itu.
Mas Andi, sama sekali tidak mau dibayar. Dia hanya mau dibayar harga ball bearings yang dia beli, hanya Rp 50 ribu. Padahal dia harus bongkar motor.

Sejak itu, motor saya beri nama Bejo.
BobPS is offline   Reply With Quote